Arsip Berita



Trust your Intuition!

Trust your Intuition!

“Kita lebih sering menyandarkan segala keputusan berdasarkan pemikiran yang rasional, alih-alih mempercayakan intuisi. Padahal jika pemikiran rasional dipadukan dengan intuisi dapat menciptakan keputusan yang luar biasa.”

- Dr. Pepey Riawati Kurnia. MM.

Midori Japanesse Restaurant, 24 Nopember 2009. Dalam IMA Monthly Gathering Dr. Pepey Riawati Kurnia. MM didaulat sebagai salah satu pembicara, beliau hadir dengan pemaparan seputar peran intuisi dalam pengambilan keputusan. Ibu Pepey demikian beliau biasa disapa, memang sedang mendalami studi seputar intuisi, bahkan beliau juga sedang merampungkan buku yang berjudul “Intuisi dalam Pemasaran dan Bisnis”.

Dalam presentasinya Ibu Pepey mengatakan pada dasarnya semua orang dibekali Tuhan kecakapan intuisi, namun tidak semua orang percaya terhadap kemampuan intuisinya. Seseorang yang sangat rasional sekalipun, kerap menggunakan intuisinya, hanya mereka tidak menyadarinya. Hasil pendalaman Ibu Pepey membawa pada sebuah pemahaman, bahwa kemampuan intuisi sangat dipengaruhi oleh proses pembelajaran dan pengalaman seseorang. Pendapat Ibu Pepey ini diamini oleh Ronny Liyanto, GM Marketing PT Insera Sena, lebih jauh Ronny mengatakan, “Saya telah lama berkecimpung dalam dunia persepedaan (PT Insera sena adalah produsen sepeda bermerk Polygon-red), sehingga saya seringkali menggunakan intuisi dalam mengambil keputusan ketika data untuk mendukung keputusan belum tersedia, namun karena saya memang telah berpengalaman dan banyak belajar tentang dunia sepeda, sejauh ini keputusan yang saya ambil tepat.”

Pembicara lainya adalah Widya, anak muda yang membidani lahirnya bisnis distro di bilangan Tebet yang memiliki brand Bloop dan Endorse. Presentasinya dibawakan dengan penuh semangat, bahkan cenderung meletup-letup, khas anak muda. Ternyata bisnis yang sekarang semakin besar itu diawali dengan berbagai kegagalan. Widya menyebutkan ia bersama kedua kakaknya pernah menjalani berbagai bisnis, mulai dari MLM hingga pembudidayaan udang, semuanya gagal. Hingga pada suatu ketika ia bertemu dengan seorang sahabat yang menawarkan untuk mencoba bisnis pakaian anak muda, yang belakangan kita kenal sebagai Distro (kepanjangan dari Distribution Outlet, yang merupakan bisnis yang lahir dari budaya pop urban, Do it Yorself (DIY). Sehingga produk yang dihasilkan dipasarkan sendiri-red). Berbagai inovasi dikembangkan, dan tentu saja Widya kerap mengandalkan intuisinya dalam menjalankan bisnis.

Pembicara terakhir adalah Ir. Hariono yang juga adalah pemilik Jaringan Restoran Jepang Midori, Pijat Bersih Sehat, Bimbingan Belajar Visi dan terakhir beliau sedang mengembangkan bisnis restoran khas Malang yang diberi nama Ngalam yang merupakan plesetan dari nama Kota Malang. Ir. Hariono juga mengakui bahwa dalam mengambil keputusan-keputusan penting ia sering menngandalkan intuisi, termasuk dalam proses rekrutmen karyawan baru.

Buku karya Ibu Pepey “Intuisi dalam Pemasaran dan Bisnis” sedang dalam proses perampungan, diharapkan Januari 2010 buku ini terbit. Buku ini akan membawa kita terhadap persepsi anyar tentang intuisi, sekaligus memberikan berbagai alasan mengapa sudah sewajarnya kita ‘mendengarkan’ intuisi dalam proses pengambilan keputusan. “So Trust your intuition!”. (Ndi261009)



Updated 20 Juli 2011 12:07


Share ›      Facebook Share      Twit It Now!   

Tentang Kami

Selamat datang dan Terimakasih atas Kunjungan Anda. ManajemenForum.com merupakan web sites yang dibuat khusus menampilkan informasi pelatihan dan seminar PPM Manajemen ... Next

PROGRAM BARU PPM 2017

Advanced Competitive Marketing Strategy

Building Brand Equity & Positioning

Financial Aspecs on Feasibility Study

Supervisor and Manager Marketing Upgrowth Program

Informasi lebih detail dapat menghubungi Online marketing kami di 021 8798 4777