Arsip Artikel



Influencer Marketing of Robert Mondavi

Influencer Marketing of Robert Mondavi

Bagi para penggermar minuman anggur (wine), tentunya nama Robert Mondavi sudah tidak asing lagi di telinga. Berbagai macam minuman anggur produksi Robert Mondavi telah dikenal sebagai minuman anggur dengan kualitas dan cita rasa yang tinggi.

Berawal dari latar belakang yang cukup sederhana, Robert Mondavi, anak seorang imigran Italia di Amerika mendirikan perusahaan anggurnya pada tahun 1966 setelah terjadi perselisihan dengan saudara kandungnya dalam perusahaan anggur keluarga.

Pada tahun 1998, Robert Mondavi menjadi penghasil minuman anggur premium terbesar kedua di dunia. Perkebunan anggur yang dimiliki dan dikelola olehRobert Mondavi mencapat 5,000 acres pada tahun 1998 yang tersebar di California, Italia dan Chilie. Saat ini Robert Mondavi memproduksi kurang lebih 11 macam merk minuman anggur untuk berbagai kelas. Minuman anggur ini bahkan menempus pasar ekspor ke negara-negara penghasil minuman anggur yang cukup dikenal seperti Perancis. Nilai ekspor Robert Mondavi mencapai $ 322,535 pada tahun 1998.

Di balik keberhasilan itu, sepanjang sejarah berdirinya, Robert Mondavi dalam memasarkan produknya tidak terlalu fokus pada pemasangan iklan.
Robert Mondavi lebih memfokuskan kegiatan pemasarannya pada kelompok kecil para pencinta minuman anggur. Kelompok ini sangat antisuas mengetahui, dan mencoba anggur-anggur dengan kualitas tertinggi. Robert Mondavi mengadakan acara wine testing, seminar dan berbagai macam kegiatan lainnya untuk komunitas ini. Robert Mondavi merupakan perusahaan penghasil minuman anggur yang mempelopori adanya kunjungan masyarakat ke perkebunan dan pabrik miliknya. Tak kurang dari 300.000 orang per tahun mengadakan tour ke perkebunan dan pabriknya. Mereka semua dapat kesempatan mencoba langsung rasa dari anggur buatan Robert Mondavi.

Bersama istri keduanya Margrit Mondavi, mereka mendirikan Robert and Margrit Mondavi Center for the Performing Arts, tempat pembelajaran dan apresiasi berbagai macam kesenian dan pameran benda seni. Pada event-event yang diadakan di tempat ini minuman anggur Robert Mondavi menjadi menu wajib.

Untuk mempromosikan konsumsi anggur pada waktu makan, pasangan suami istri ini menciptakan program "Great Chefs" di Oakville winery pada tahun 1970an. Setiap tahun mereka mengundang para pakar kuliner seperti Julia Child dan Paul Bocuse. Para pakar ini bereksperimen dengan masakan yang dipasangkan dengan minuman anggur.

Anggota komunitas dan para turis pengunjung lokasi Robert Mondavi menjadi sumber untuk terjadinya Viral Marketing. Pemasaran dari mulut-ke mulut yang terjadi memberi kontribusi yang sangat signifikan bagi Robert Mondavi untuk akhirnya menjelma menjadi perusahaan minuman anggur kelas dunia.
Ada beberapa faktor mengapa Viral Marketing berhasil diterapkan di Robert Mondavi

1. Kualitas Produk
Semua strategi viral marketing harus memiliki induk yang kuat sebelum bisa berkembang memperbanyak diri. Kualitas produk Robert Mondavi yang baik bak induk yang kuat membuat masyarakat merekomendasikan produk ini sehingga terjadi Viral Marketing.

2. Pembawa pesan
Selain produk yang baik, Robert Mondavi berhasil mengidentifikasikan siapa pemberi pengaruh (influencer) yang kuat dari para konsumennya. Pemasaran dari mulut ke mulut bisa berhasil apabila sumber informasinya dapat dipercaya.

Para influencer dalam kasus Robert Mondavi ini adalah para antusias pencinta minuman anggur. Tentunya mereka merupakan kelompok yang dipandang sebagai expert, ahli yang mengetahui cara mengapresiasi dan memilih minuman anggur yang baik. Walau jumlah mereka cenderung sangat sedikit ,mereka memiliki kekuatan yang besar untuk menyebarkan Viral Marketing karena mereka menjadi referensi bagi kelompok lainnya.

Influencer lainnya adalah para pakar dalam bidang kuliner. Influencer ini memiliki kekuatan yang lebih karena adanya dukungan media yang memperluas jangkauan penyampaian pesan.

3. Pesan: Sesuatu untuk dibicarakan
Influencer marketing adalah senjata yang ampuh. Namun setiap senjata membutuhkan amunisi. Demikian juga halnya dengan influencer viral marketing. Mereka membutuhkan bahan untuk dibicarakan kepada orang lain. Robert Mondavi memberi amunisi dengan berbagai macam kegiatan seperti event kesenian, program great cheft, acara mencicipi anggur, kunjungan ke lokasi dan sebagainya.

Robert Mondavi meninggal pada tanggal 16 Mei 2008 pada usia 94 tahun. Untuk mengenang jasanya, sebuah institut didirikan dengan nama Robert Mondavi Institute (RMI) for Wine and Food Science at the University of California, Davis pada bulan Oktober 2008.



Updated 20 Juli 2011 15:20


Share ›      Facebook Share      Twit It Now!   

Tentang Kami

Selamat datang dan Terimakasih atas Kunjungan Anda. ManajemenForum.com merupakan web sites yang dibuat khusus menampilkan informasi pelatihan dan seminar PPM Manajemen ... Next

PROGRAM BARU PPM 2017

Advanced Competitive Marketing Strategy

Building Brand Equity & Positioning

Financial Aspecs on Feasibility Study

Supervisor and Manager Marketing Upgrowth Program

Informasi lebih detail dapat menghubungi Online marketing kami di 021 8798 4777